» » » Wapres Boedino: Standar Penghargaan Lingkungan Hidup Perlu Ditingkatkan

(SJO, JAKARTA)  - Wakil Presiden Boediono mengkritik pemberian penghargaan lingkungan hidup, seperti Kalpataru, Adiwiyata dan sejenisnya, karena dinilai monoton dan terperangkap pada rutinitas setiap tahun sehingga perlu ditingkatkan standarnya.

"Saya bangga dengan para penerima penghargaan lingkungan hidup yang diadakan setiap tahun. Barangkali ke depan ada pemikiran setelah Adipura, setelah Kalpataru, ada standar yang lebih tinggi lagi, yang nantinya akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita bersama-sama," katanya di Jakarta, Kamis (5/6/14).

Boediono mengatakan hal itu, usai memberikan penghargaan lingkungan hidup Kalpataru, Adipura, Adipura Kencana, dan Adiwiyata Mandiri dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Lingkungan Hidup Baltasar Kambuaya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Hukum dan HAM Amir Syarifuddin, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, dan Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta.

Tema yang diusung Indonesia dalam peringatan tahun 2014, adalah "Satukan Langkah dan Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim".

Ia meminta agar pemberian seperti itu bisa ditingkatkan standarnya dengan tidak lagi sekadar memotret keberhasilan sesaat, namun juga pencapaian yang konsisten.

Peningkatan standar penghargaan yang Wapres maksudkan semisal program lingkungan hidup yang berlangsung selama beberapa tahun sehingga bisa terukur keberhasilannya.

Selain itu, perbaikan kualitas lingkungan hidup yang terintegrasi dalam sistem birokrasi dan pemerintahan lokal atau bahkan upaya penerapan prinsip-prinsip lingkungan hidup dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

"Jadi kita tidak perlu terperangkap pada rutinitas tiap tahun", katanya.

Wapres berpesan untuk menteri lingkungan hidup saat ini agar bisa menyampaikan ide baru itu, kepada menteri lingkungan hidup yang baru jika memang ada pergantian dalam pemerintahan mendatang.

"Ide-ide baru bisa disampaikan dalam pemerintahan mendatang. Saya yakin pemerintah baru akan terima ide-ide baru ini," kata Boediono.

Dalam pemberian penghargaan tersebut Wapres Boediono dan Menteri Baltasar Kambuaya setidaknya menyalami 224 penerima penghargaan Kalpataru, Adipura, Adipura Kencana, dan Adiwiyata Mandiri sehingga acara terasa lama dan membosankan.(antara)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply