» » » » Status Gunung Papandayan Menjadi Siaga


(SJO, BANDUNG) - Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat dinaikkan statusnya menjadi siaga sejak Minggu (5/5/13). Masyarakat sekitar diminta menghindari aktivitas dalam radius 2 kilometer karena termasuk zona berbahaya.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Geologi, Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono, status Gunung Papandayan ditingkatkan mengingat kegempaan vulkanik dan tektonik lokal terjadi secara intensif.

Surono mengatakan, terkait peningkatan status tersebut, PVMBG merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 2 kilometer dari puncak Gunung Papandayan yang memiliki ketinggian 2.665 mdpl. 

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Ujwalprana Sigit menjelaskan radius 2 kilometer merupakan zona bahaya. Karena, kata dia, bisa terjadi letusan sewaktu-waktu, yang mengeluarkan batu-batu, pasir dan uap panas. "Mesti diwaspadai juga adanya gas beracun," kata Sigit.

Menurut Sigit, pihaknya telah melakukan berbagai langkah pengamanan terkait dengan status Gunung Papandayan.  Bahkan, kata dia, sejak setahun lalu ditetapkan statusnya menjadi waspada, BPBD Jabar sudah melakukan langkah-langkah seperti latihan-latihan, sosialisasi dan evakuasi bersama masyarakat.

Sigit menambahkan, BPBD Garut dan Jabar telah menyiagakan 2/3 personel untuk mengantisipasi meningkatnya status Gunung Papandayan. Selain itu, dua posko dipersiapkan, yakni Posko Pusat di Kantor BPBD Garut dan Posko 247 yang berada dekat dengan lokasi. Posko ini, bertugas selama 24 jam 7 hari agar komunikasi tidak terputus. Jalur dan zona evakuasi juga sudah dipersiapkan. (R22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply