» » Disbudpar Dukung Penyertaan Aksara Sunda pada Papan Jalan di Jabar

(SJO, SUMEDANG) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat mendorong penggunaan atau menyertakan aksara atau huruf Sunda pada papan nama jalan-jalan di seluruh kota di Jabar.

Menurut Kepala Disbudpar Jabar Nunung Sobari, penggunaan aksara Sunda di papan jalan cukup efektif untuk mensosialisasikan aksara tersebut. Hal itu untuk mendukung program pengenalan dan pewarisan Aksara Sunda yang telah dilakukan di sekolah-sekolah di Jawa Barat.

Pelestarian aksara Sunda itu, kata Nunung, merupakan bagian dari tugas pemerintah daerah untuk bisa mempertahankan dan mewariskan kemampuan membaca dan menulis dengan aksara atau huruf yang digunakan oleh leluhurnya.
Menurut Nunung, di Jabar ada tiga huruf atak aksara yang berkembang dan digunakan oleh masyarakat Sunda di masa lalu yakni aksara cacarakan, aksara pegon dan aksara Sunda kuno.

"Pada 2008, Pemda Jabar telah membakukan aksara daerah yang bisa dipakai oleh masyarakat Jabar adalah aksara Sunda kuno atau yang biasa disebut aksara Sunda," kata Nunung.

Kegiatan Sosialisasi Aksara Daerah  merupakan bagian dari program aktualisasi bahasa dan sastra daerah dan sebagai salah satu langkah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemprov Jabar mengeluarkan Perda No.5 Tahun 2003  dalam rangka melakukan pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra daerah.
Kegiatan Aktualisasi Bahasa dan Sastra Daerah ini dilaksanakan sebagai upaya dalam ikut serta memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang telah ditetapkan oleh UNESCO setiap tanggal 21 Februari.

Tema yang diusung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2013 ini adalah "Basa Indung Pikeun Nyungsi Jati Diri, Ngaguar Ajén Budaya".
Maksud dan Tujuan dari kegiatan Sosialisasi Aksara ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Jawa Barat akan pentingnya bahasa dan Aksara daerah sebagai bahasa indung yang merupakan identitas dan jati diri suatu bangsa.

Terkait Hari Bahasa Ibu Nternasional itu, digelar Sosialisasi Aksara Sunda bertema  "Gebyar Aksara 2013", di Jatinangor Town Square, Selasa (19/3). Acara diisi  talkshow dengan pembicara Idin Baidilah, Dr Undang A Darsa, Ujang  Gentra Pamitran. Selain itu digelar pula Pameran dan Sosialisasi Aksara Sunda dan Pergeleran Kesenian. (R03)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply