» » Klinik Prodia Gelar Seminar Bagi Dokter Bertemakan Penyakit Kardiovaskular (PKV)

(SJO, BANDUNG) . Klinik Prodia gelar Roadshow seminar yang diperuntukkan bagi dokter terutama yang bertugas di layanan primer, mengusung tema “Good Doctor for the Great Family, Seminar on Managing Cardiovascular Disease Risks” seminar berlangsung 1 hari di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika No.112, Kota Bandung, Sabtu (3/05/2014). Menghadirkan 3 pembicara utama, yaitu dr. A. Fauzi Yahya, SpJP, dr. Nanny Natalia M Soetedjo, SpPD-KEMD, dan Serlyana Herman, S.Si., Apt (Prodia).

Seakan menjadi penyakit trend masa kini, PKV bukan hanya penyakit usia tua tapi banyak diderita oleh orang muda terutama yang hidup di Kota besar. Selain penyebab utama kematian di seluruh dunia, faktor penyebab juga didukung oleh perubahan pola hidup sehingga berkontribusi terhadap perubahan pola penyakit, dari penyakit infeksi ke penyakit degeneratif seperti PKV. Walaupun penyebab PKV belum diketahui secara pasti, namun saat ini telah dikenal sejumlah faktor risiko yang berperan penting terhadap timbulnya PKV.

Dr A Fauzi Yahya, SpJP menyayangkan pemahaman masyarakat yang kurang tentang PKV, kadangkala menyesatkan masyarakat itu sendiri "Masyarakat sering mendapat informasi yang salah, seperti dari broadcasting sehingga menimbulkan kebingungan sehingga salah arah dalam penanganannya" imbuh dokter spesialis Jantung saat gelar Konpers kepada Wartawan.

Deteksi dini juga diperlukan untuk mengetahui stratifikasi bagi personal yang mungkin beresiko terkena penyakit Kardiovaskular "Resiko-resiko ini harus diketahui ada istilah now yours number, berapa kadar kolestrol, berapa berat badan anda" imbuh Fauzi.

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh genetik atau turunan "Faktor lain yang menyebabkan seseorang terkena juga dipengaruhi oleh genetik atau turunan, itu juga bisa terjadi baiknya kita mewaspadai jadi kita bisa mengetahui stratifikasi resiko" imbuhnya lagi.

Sejumlah faktor risiko tersebut dapat dikelompokkan dalam 2 kelompok, yaitu faktor risiko mayor (utama) dimana faktor risiko yang secara tunggal sudah dapat menyebabkan PKV seperti dislipidemia, hipertensi dan merokok, serta faktor risiko minor(tambahan) seperti obesitas, gaya hidup sedenter atau kurangnya aktivitas fisik.

PKV sebenarnya dapat dicegah dengan meminimalisasi sejumlah faktor risiko dan mengenali faktor risiko sejak dini adalah tindakan efektif yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka kejadian PKV. Sayangnya, saat ini deteksi dini dalam rangka mengetahui adanya sejumlah faktor risiko PKV secara berkala belum sepenuhnya disadari dan dijadikan prioritas perhatian masyarakat.(Seca/Don/Viorizza)
.

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply