» » » » Limbah PT. Indorama Diduga Cemari Sungai Cikembang Purwakarta

(SJO, PURWAKARTA) - Puluhan warga dari tiga desa di Kecamatan Katiluhur, datangi PT.INDORAMA Tbk. Aksi warga dari Desa Bunder, Kembangkuning dan Desa Cibinong itu dipicu adanya bau menyengat di aliran sungai Cikembang, yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal mereka.
Sejak musim hujan, Sungai Cikembang yang melintasi tiga desa itu mengeluarkan aroma tidak sedap. Bahkan, warga tak bisa memanfaatkan air sungai tersebut. Mereka pun meyakini, bau menyengat yang membuat mual-mual itu disebabkan limbah dari aktivitas PT Indorama.

Iwan (36) salah seorang warga Desa Kembang Kuning mengungkapkan, sejak 10 tahun terakhir, warga tak lagi bisa memanfaatkan air Sungai Cikembang. Padahal, biasanya air sungai itu bisa untuk pertanian dan kolam ikan.
“Tapi, saat ini air sungai yang menjadi kebutuhan hidup kami, warnanya merah kehitaman serta mengeluarkan bau tak sedap. Ya kalau seperti ini sudah tak lagi bisa dipakai,” ujar Iwan.
Aksi protes warga ini pun bukan kali pertama.  Sebelumnya, yakni, sejak Sabtu (1/2/2014)  warga menggelar aksi serupa mengungkapkan kekesalan terhadap pencemaran limbah ini. Ratusan warga sempat menghadang kendaraan jemputan karyawan PT Indorama.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, antara perusahaan dan masyarakat sama-sama memiliki kepentingan. Perusahaan perlu berproduksi untuk kepentingan bersama. Sementara, masyarakat memiliki hak menjalani kehidupan yang tenang.

“Untuk itu, pemerintah daerah turun tangan guna memfasilitasi kedua belah pihak agar keberadaan mereka saling menguntungkan,” ujarnya.

Adapun hasil mediasi ini, ada lima poin yang menjadi kesepakatan bersama. Salah satunya, PT Indorama bersedia untuk memperbaiki dan menyempurnakan instalasi pembuangan air limbah.
“Tapi, masyakat juga harus bersedia menjaga kesinambungan produksi PT Indorama dengan tidak menghalangi efektivitas karyawan yang berkerja. Dengan kata lain, kalau warga ingin protes jangan sampai mengganggu kinerja karyawan,” pungkasnya. [DNI]

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply