» » Semen Indonesia Bangun Pembangkit Listrik

(SJO, BANDUNG) - PT Semen Indonesia dan JFE Engineering Jepang menandatangani kerja sama pembangunan pembangkit listrik yang memanfaatkan gas buang (Waste Heat Recovery Power Generation/ WHRPG) dengan kapasitas desain 30,6 MW.

Dalam siaran persnya disebutkan, kerja sama keduanya tersebut merupakan realisasi Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani pada tanggal 25 Maret 2013 di kantor JFE Tokyo, Jepang.

JFE merupakan representasi Kementerian Lingkungan Hidup Pemerintah Jepang untuk program Joint Crediting Mechanism (JCM), yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon.

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan industri semen termasuk bisnis yang paling terkena dampak kenaikan tarif dasar listrik (TDL) untuk kelas industri di 2014 ini. Menyikapi hal tersebut, perseroan terus melakukan inovasi dan efisiensi diberbagai
aspek, termasuk di bidang energi.

"Pembangunan WHRPG di pabrik Tuban merupakan salah satu inisiatif Perseroan untuk mengurangi ketergantungan energi yang bersumber dari PLN sekaligus mengurangi konsumsi batubara oleh PLN," kata dia.

Biaya investasi pembangunan WHRPG tersebut mencapai Rp638 miliar dan periode konstruksi sekitar 24 bulan dihitung sejak kegiatan engineering sampai selesainya commissioning dan akan beroperasi pada akhirsemester II/2016. Kandungan lokal dari proyek ini mencapai 52% dan sisanya merupakan kandungan impor yang dipasok JFE. (*)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply