» » » Jawa Barat Pusat Trend Makanan Unik

(SJO, BANDUNG) Jawa Barat memiliki potensi kekayaan bahan baku pangan dan kekayaan budaya yang beragam. Potensi keberagaman bahan pangan didukung dengan kreatifitas budaya olah pangan yang tumbuh berkembang di tanah parahyangan sehingga menghasilkan olahan pangan yang menarik dan inovatif.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat menggelar Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal Jawa Barat yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar di Trans Studio Mall (14/06).

Dalam sambutannya, Deddy mengatakan bahwa kreatifitas masyarakat Jawa Barat dalam mengolah bahan baku makanan tentu dapat dijadikan peluang untuk berkecimpung di dunia industri pengolahan makanan.

“Di Jawa Barat, semua bahan pangan yang ada di alam dapat diolah menjadi makanan unik, enak, mudah dan murah. Maka tak heran jika Jawa Barat kini dikenal sebagai pusat trend makanan dan olahan pangan secara nasional. Potensi ini diharapkan menjadi pemicu pengembangan aktifitas industri olahan pangan yang lebih besar lagi,” tutur Deddy.

Deddy sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini ini, dan seharusnya diselenggarakan bukan hanya setahun sekali agar bisa dijadikan pemicu para usahawan untuk lebih kreatif.

“Kegiatan ini juga bisa menjadi ajang promosi produk olahan pangan. Bagaimana kita turut mengembangkan serta menarik minat masyarakat luas terhadap produk indusri olahan pangan, khususnya olahan buah dan sayur. Harusnya sih sesering mungkin (diselenggarakan), jangan jadi kegiatan tahunan saja,” tambah Deddy.

Festival yang dimulai sejak tahun 2003 ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendorong pengembangan industri pangan. Dengan tema “Meningkatkan Diversifikasi Produk Olahan Buah dan Sayuran Lokal” kegiatan ini mengikutsertakan Tim Penggerak PKK dari Kab/Kota di Jawa Barat, Pelaku Industri Kecil/Menengah, Mahasiswa dan Pelajar.
Turut hadir pula Wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK, Giselawati Deddy Mizwar, Kepala Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan Arief, Seluruh OPD terkait, Ketua Asosiasi Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat.

Budaya pangan di Jawa Barat yang semakin berkembang tentu akan mendukung kreatifitas olahan pangan menjadi lebih maju, hal ini karena masyarakat Jawa Barat dikenal memiliki pola konsumsi yang baik untuk sayur dan buah dalam pola pangan tradisionalnya.

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply