» » » » Ribuan Warga Antar Jenazah Maestro Wayang ke Peristirahatan Terakhir

(SJO, BANDUNG) - Ribuan orang mengantar jenazah dalang Asep Sunandar Sunarya ke pemakaman keluarga di Kampung Giriharja,  Jelekong, Baleendah Kabupaten Bandung,Selasa (1/4/2014). Jenazah dibawa ke pemakaman setelah dishalatkan di Pesantren Budaya Giri Harja milik almarhum Asep Sunandar.

Istri almarhum Nenah Hayati tampak tidak henti-henti menitikan air matanya saat mengiringi jenazah suaminya ke pemakaman. Selain warga dan keluarga almarhum, Bupati Bandung Dadang Naser juga terlihat mengantar kepergian sang maestro wayang.

Iring-iringan warga tersebut membuat arus lalu lintas di Jalan Laswi arah Kabupaten Bandung menuju kawasan Majalaya menjadi tersendat. Puluhan karangan bunga tanda belasungkawa tampak berjejer di luar Pesantren atau Padepokan Seni Giri Harja.

Saat melayat ke rumah duka, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mengatakan, bukan cuma Jawa Barat, tetapi Indonesia juga kehilangan seniman besar yang fenomenal.

Menurut Deddy, sosok Ki Dalang Asep Sunandar adalah seniman yang berhasil membuat kesenian wayang golek bisa diterima di masyarakat Indonesia melalui media televisi dengan tokoh Astina Jingga alias Cepot.

"Bukan hanya seni, tapi juga bisa menyampaikan pemikirannya (melalui wayang golek) dalam berbagai hal seperti masalah sosial, ekonomi politik, sehingga semua masyarakat bisa berempati," ujarnya.

Deddy berharap, warisan kesenian wayang golek kontemporer yang dibesarkan oleh Asep Sunandar Sunarya bisa dilestarikan oleh anak muda Indonesia.

"Yang muda jangan malu lagi. Saya melihat anak-anaknya sudah punya kemampuan dalang dan sudah ada regenarasi," tuturnya.

Sementara itu, mewakili Pemprov Jawa Barat Deddy berjanji akan mendorong penyelesaian Pesantren Budaya dan Padepokan Seni Giri Harja, peninggalan almarhum yang saat ini belum rampung.

"Kita pikirkan itu. Kemungkinan Bupati akan membantu penyelesaian visinya akan kemana dan harus terus dipelihara warisan ini," tegasnya. (tim)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply