» » Mei, Perusahaan Daerah Pengelola Bandara Kertajari Terbentuk

(SJO, BANDUNG) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengawal ketat tahap-tahap pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Bertempat di Gedung sate, Kota Bandung, Selasa, 22 April 2014, Aher kembali memimpin rapat pimpinan (rapim) yang khusus membahas perkembangan pembangunan BIJB --yang selama ini disebut Bandara Kertajati.

Rapim juga diikuti Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan para kepala dinas terkait.

"BIJB terus kita bangun. Tahun ini kita menyempurnakan pembebasan lahan untuk //runway//, yang terus dilakukan hingga 2014," papar Gubernur Ahmad Heryawan kepada wartawan usai rapim.

Ditambahkan, pembangunan landasan pacu (//runway) tahap I ditargetkan rampung pada 2015.

Aher menegaskan, rapim juga menuntaskan pembentukan organisasi pengelola operasional BIJB. Bandara yang bakal mendampingi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, sebagai gerbang utama Indonesia ini akan dikelola perusahaan //joint venture//.

"Akan dibentuk perusahaan daerah PT BIJB yang bekerjasama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Angkasa Pura II, serta pihak swasta nasional atau internasional. Dari luar, sementara ini, dengan perusahaan Korea Selatan," papar Aher.

Khusus Badan Usaha Milik daerah (BUMD), yakni PT BIJB, dipastikan terbentukan pada Mei mendatang.

BIJB dibangun di atas lahan sekitar 1.800 hektar. Lahan yang sudah dibebaskan tak kurang 800 hektar. Dalam waktu dekat, pembebasan lahan seluas 100 hektar lagi segera rampung.

"Pembebasan lahan akan terus dilaksanakan hingga tahun depan," ungkap Aher.

Direktur Pengembangan Kerjasama Pemerintah dan Swasta pada Bappenas Bastary Pandji beberapa waktu lalu mengungkapkan, BIJB menyerap dana sekitar Rp10 triliun dari pihak swasta. Sementara dari juga disiapkan dana Rp350 miliar yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Kebutuhan dana lain, tambah Bastary, sebesar US$ 130 juta untuk biaya konstruksi //landside//. Kebutuhan ini untuk membangun terminal penumpang dan kargo, fasilitas pendukung dan operasional, serta pemeliharaan sistem bandara.(rL)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply