» » Tiap Minggu Jalan Lingkar Jadi Pasar Tumpah

(SJO, SUKABUMI) - Sudah dua tahun Jalan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi digunakan sejak peresmiannya di bulan Januari 2012. Jalur yang melingkari Kota Sukabumi dan sebagian Kabupaten Sukabumi ini memiliki ruas panjang sekitar 7 kilometer dibangun dengan tujuan meminimalkan kemacetan lalu-lintas yang kerap terjadi di Kota Sukabumi.

Dengan adanya jalur ini seandai dari arah barat, Bogor misalnya, akan menuju kea rah timur, Cianjur misalnya, tidak lagi perlu melewati jalan-jalan Kota Sukabumi yang padat dan rawan terjadi kemacetan. Cukup memasuki jalur ini mulai dari Cibolang, Cisaat dan keluar dari Sukaraja untuk kemudian langsung menuju Cianjur. Demikian juga sebaliknya. Begitu sekelumit gambaran singkat tentang fungsi jalur ini.

Ada fenomena yang menarik ketika hari Minggu pagi jalur ini ramai juga digunakan oleh anggota masyarakat sekitar untuk berolah-raga, semisal jalan kaki atau lari pagi, di kiri kanan jalan banyak penjual berbagai kebutuhan hidup sehari-hari. Mulai dari pakaian sampai dengan kelontong sederhana. Pedagang pakaian dan berbagai pedagang lainnya nampak berjajar setelah melewati Jembatan Cibatu.

Jalan Jalur Lingkar Selatan yang awalnya ditujukan untuk meminimalkan kemacetan di kota Sukabumi, akhirnya menciptakan kemacetannya sendiri. Walau kemacetan ini tidak terjadi di sepanjang jalur, dan terutama hanya terjadi pada Minggu pagi, dan itupun paling hanya berlangsung sampai jam 8 pagi saja, tetap saja keadaan ini mengharuskan pengemudi kendaraan yang melewatinya untuk bersabar barang sedikit.

Tetap saja kedepan diperlukan pengaturan yang lebih baik dan serius dari pemerintah setempat dalam hal pengelolaan jalan ini. Barangkali penataan lokasi-lokasi untuk berjualan yang lebih baik dan terarah, sehingga siapa saja yang melewati jalur ini utamanya di Minggu pagi, baik pejalan kaki maupun pengemudi kendaraan, mendapat kenyamanan optimal pada Jalan Jalur Lingkas Selatan Sukabumi ini. (adv)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply