» » Kemantapan Jalan Provinsi Sudah 100 Persen

(SJO, BANDUNG) – Selama tahun 2013, Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat telah memperbaiki dua ribu kilometer jalan dari total ruas jalan Provinsi Jabar sepanjang 2.191,29 kilometer. Dengan perbaikan tersebut, kemantapan jalan yang sebelumnya baru mencapai 97,5 persen meningkat jadi 100 persen.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat HM. Guntoro menjelaskan, jalan yang diperbaiki tersebar di enam wilayah yakni Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bandung, Kabupaten Garut, Tasikmalaya dan wilayah Cirebon.

Dana perbaikan berasal dari APBD Pemerintah Provinsi Jabar, sejumlah Rp650 miliar. Tapi, kata Guntoro, sejumlah Rp48 miliar diantaranya dialokasikan untuk biaya pemeliharaan.

Dengan telah selesainya perbaikan jalan, Kepala Dinas Bina Marga Jabar mengajak masyarakat untuk bersama-sama memelihara agar kondisi jalan tetap baik, sehingga arus berlalu-lintas bisa lancar untuk menjunjang mobilitas demi peningkatan perekonomian.

“Pemerintah hanya memfasilitasi. Hakikatnya jalan tersebut dibangun menggunakan uang rakyat. Jadi wajar kalau masyarakat aktif turut memelihara,” kata Guntoro.

Ia mengakui, masih ada masyarakat yang mengeluh karena kondisi jalan di daerahnya belum seperti yang diharapkan. Namun, keluhan tersebut terkadang tidak jelas sasaran karena ketidaktahuan masyarkat tentang status pengelolaan jalan.

Menurut Guntoro, status jalan itu, ada 3 yaitu jalan Nasional yang tanggungjawabnya oleh pusat, jalan Provinsi tanggung jawabnya oleh Provinsi Jabar dan jalan Kabupaten/kota yang tanggungjawabnya oleh Pemkab/pemkot. (adv)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply