» » » Polda dan Aneka Tambang Kerjasama Amankan Pongkor

(SJO, JAKARTA) - PT Aneka Tambang (Antam) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat terkait aspek pengamanan dan pembinaan di lingkungan Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas Pongkor.

Penandatanganan MoU ini dilakukan Direktur Utama Antam, Tato Miraza dengan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal Suhardi Alius di Bandung, Jawa Barat.

Tato mengatakan, melalui MoU ini pihaknya dan Kepolisian Daerah Jawa Barat akan melanjutkan kerjasama di dalam pengamanan lingkungan UBP Emas Pongkor yang berlokasi di Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Aspek kunci dalam MoU mencakup diantaranya penyelenggaraan pengamanan dan penegakan hukum pada kegiatan pengamanan sarana, prasarana, aset, serta pembinaan terhadap karyawan dan masyarakat di sekitar UBP Emas Pongkor," kata Tato.

Tato menerangkan, UBP Emas Pongkor merupakan salah satu Obyek Vital Nasional (OBVITNAS) yang memiliki nilai strategis tidak hanya untuk Antam, namun juga bagi negara. UBP Emas Pongkor memiliki kontribusi signifikan terhadap penerimaan pemerintah, pengelolaan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati setempat serta pengembangan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Tato menjelaskan, di dalam aspek pengelolaan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati di lingkungan tambang emas Pongkor, Antam telah membangun dan mengembangkan Pusat Konservasi Keanekaragaman Hayati (PKKH) yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Sebagai bagian dari PKKH, telah berdiri fasilitas pusat perse-maian dengan kapasitas 500.000 bibit tanaman dan telah dilakukan penanaman tanaman endemik seperti Puspa (Schima wallichii), Suren (Toona sureni), Ganitri (Elaeocarpus ganitrus), Rasamala (Altingia excelsa), dan Manglid (Michelia velutina) pada lahan kritis di sekitar TNGHS. (bgr)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply