» » Prancis Beri Pinjaman Rp.1,54 Triliun untuk Proyek Perkeretaapian di Bandung

(SJO, JAKARTA) - Pemerintah Indonesia menandatangani perjanjian pinjaman modal dengan pemerintah Prancis dan Badan Prancis untuk Pembangunan (Agence Francaise De Developpement/AFD) yang digunakan bagi proyek kereta api perkotaan Bandung.

Alokasi pembiayaan proyek tersebut terdiri dari pinjaman perbendaharaan Prancis sebesar US$100 juta dan pinjaman AFD sebesar US$57 juta. Jika ditotal dalam rupiah pinjaman ini senilai Rp1,54 triliun. Lainnya ialah alokasi rupiah pendamping sebesar US$18 juta.

"Ini untuk proyek elektrifikasi dan persinyalan di Bandung pada jalur Padalarang-Cicalengka," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono usai penandatanganan Financial Protocol, Implementation Agreement, dan Credit Facility Agreement Bandung Urban Railway Transport Development and Electrification Padalarang-Cicalengka Line Project di Jakarta, Selasa (4/6).

Ruang lingkup proyek KA perkotaan Bandung meliputi pembangunan sistem elektrifikasi dan peningkatan track existing pada jalur Padalarang-Bandung-Gedebage sepanjang 24 kilometer.

Pembangunan jalur ganda KA Kiaracondong-Gedebage dan peningkatan track existing sepanjang 5 km. Pengembangan sistem persinyalan dan telekomunikasi yang ada untuk elektrifikasi listrik aliran atas (LAA) dan double track serta pembangunan elevated track/viaduct sepanjang 4,1 km di pusat Kota Bandung.

Menurut Bambang,  kota Bandung terpilih karena dianggap salah satu kota terpadat di Indonesia. Kehadiran moda transportasi kereta api yang lebih baik bakal membantu pergerakan penduduk antara wilayah timur dan barat Bandung. Proyek pembenahan jalur kereta Padalarang-Cicalengka ditargetkan bisa meningkatkan jumlah pengguna kereta api menjadi 70%.

"Dengan adanya proyek ini diharapkan warga Bandung dapat beralih dari kendaraan pribadi ke kereta api sehingga dapat mengurangi kemacetan di wilayah Bandung dan sekitarnya," kata Bambang. (r21)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply