» » » » Pemilukada Gabungan Digelar 24 Februari 2013

(SJ) - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang dijadwalkan berlangsung 24 Februari 2013, akan digabung dengan Pilkada Kabupaten Sumedang, Bandung Barat, Kota Cirebon, dan Sukabumi.Di Indonesia, Pilkada bersama ini merupakan yang kedua setelah Provinsi Aceh.



Guru Besar Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Padjadjaran Bandung, Prof Dede Mariana, Kamis (19/7/2012), menjelaskan, pilkada gabungan ini dari sisi biaya akan lebih efisien, karena dananya bisa dibagi-bagi antara provinsi dan kabupaten/kota.

Kesepakatan dan perjanjian pendanaan bersama antara Pemprov Jabar dengan keempat daerah tingkat dua itu, telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan Selasa (17/7/2012) lalu di Gedung Sate, Bandung.

Kesepakatan ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nnomor 57/2009 tentang perubahan atas Permendagri nomor 44/2007 tentang Pedoman Pengelolaan Belanja Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 tahun 20011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, maka sebagai unsur pemerintah daerah berkewajiban memberikan bantuan dan fasilitas, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan termasuk dengan pembiayaan.

Untuk itu Pemprov Jabar telah menyiapkan pendanaan yang dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pembentukan Dana Cadangan Daerah untuk Pemilihan Umum Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat.

Alokasi dana itu merupakan belanja hibah yang akan digunakan oleh KPU, Panwaslu Provinsi, Kapolda Jabar, Kapolda Metro Jaya, Kodam III Siliwangi dan Kodam Jaya.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini, meliputi jenis pendanaan, sumber pendanaan serta penggunaan dana dimana para pihak bertanggung jawab atas pendanaannya masing-masing. "Ini sesuai dengan perjanjian kesepakatan bersama," ujar Ahmad Heryawan.

Dengan pilkada bersama, diharapkan membangun sinergi, koordinasi dan harmonisasi yang lebih baik dalam rangka mensukseskan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat beserta dengan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah kabupaten/kota.

"Insya Allah, melalui dukungan dan sinergitas bersama, segala keterbatasan dalam penyelenggaraan Pemilu gabungan tahun 2013 nanti dapat kita antisipasi bersama, sehingga cita-cita Pemilu yang aman, tentram, tertib, elegan dan kondusif dapat kita wujudkan," katanya.

"Dengan demikian reputasi Provinsi Jawa Barat yang sudah dikenal sukses, dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada secara damai, tertib dan lancar pun dapat terus kita pertahankan," tambah Heryawan.(kpo)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply