» » » » Referensi Takjil : Tekstur Lembut dan Rasa Mantab, Bubur Kampiun Wajib Coba

(SJO,BANDUNG) Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia mengawali berbuka puasa dengan Takjil,  istilah anak muda dalam bahasa sunda, Ngabatalan.  Takjil sendiri biasanya berupa makanan atau minuman dengan rasa manis, seperti korma atau kolak.

Kali ini SJO akan memberikan referensi Takjil yang unik, sudah pernah mencoba perpaduan kolak, bubur ketan dipadu dengan candil. Perpaduan ketiga jenis ini kemudian disebut Bubur Kampiun, bubur ini berasal dari Sumatera Barat tepatnya daerah Bukit Tinggi, masyarakat minangkabau biasa menyebutnya dengan istilah Papukuoan. Bubur ini biasa disantap saat takjil dan menjadi hidangan sebelum berbuka  di surau-surau, karena bukit tinggi berada di dataran tinggi, seakan kehangatan bubur yang satu ini menjadi takjil wajib.

Untuk menghilangkan rasa penasaran seperti apa nikmatnya Takjil dengan Bubur Kampiun, tidak perlu jauh-jauh sampai ke kota Minang.  Cukup di Bandung kita juga bisa menikmati bubur  ini, cukup dengan pergi ke Rumah Makan Sabana Kapau di Jalan Moh.Ramdan No.12-14, Bandung.

Dituturkan Hajjah Eti, Bubur ini dibuat dengan cita rasa yang tinggi memadukan resep leluhur asli Bukit Tinggi, sehingga teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang pas seakan memanjakan lidah. “Dipadu kolak, bubur ketan, bubur delima,bubur sum-sum dan candil. rasanya sangat nikmat apalagi disajikan saat takjil berbuka puasa” Tuturnya.

Dalam sehari Eti dapat menghabiskan Pisang sekitar 20 Kilogram dan masing-masing bahan lainnya sampai 5-6 kg, sehingga setiap harinya dapat terjual sampai ratusan porsi bubur kampiun. "Omsetnya kalau ramadhan ini Dua kali lipat dari biasanya" Ujar Eti, pemilik Rumah Makan Sabana kepada SJO.

Dengan harga yang terjangkau, hanya  Rp.12.000,  Bubur yang satu ini wajib menjadi menu takjil hari ini, yuuk marii.(Viorizza/Dn)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply