» » Walhi: Pemerintah Tak Serius Tindak Perusahaan Pencemar Citarum

(SJO, BANDUNG) - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jabar mendesak pemerintah memberikan sanksi tegas kepada perusahaan industri di Kabupaten Bandung yang telah mencemari Sungai Citarum.

Menurut Manager Desk Bencana Walhi Jabar, Iwang Wahyudin, dari 500 pabrik yang ada di Kabupaten Bandung ada sekitar 152 industri yang betul-betul melanggar dan mencemari Citarum. Ironisnya, dari 152 perusahaan hanya 10 yang ditindak. "Itu data yang dihasilkan melauli investigasi di lapangan maupun observasi serta analisis dokumen perizinan dan pembuatan IPAL," katanya

Selama ini, kata Iwang, Walhi terus mengkritisi masalah lingkungan, termasuk BPLHD (Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah) Kabupaten Bandung yang tidak ada keseriusan mengatasi persoalan ini. "Di sini terjadi perselingkuhan antara pengusaha dan pemerintah," katanya.

Sementara itu, sebagai bentuk protes dan kekesalan terhadap pemerintah dan pengusaha yang mendirikan pabrik dan industri di kawasan Kp. Mundel dan Kp. Menje, Desa./Kec. Solokanjeruk, Kab. Bandung, sedikitnya 150 warga yang bergabung dengan sejumlah aktivis lingkungan pada Selasa (11/3) lalu mendatangi kantor Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI di Jakarta.

Koordinator aksi yang juga Ketua Paguyuban Warga Peduli Lingkungan (Pawapeling) Kec. Solokanjeruk, Adi Mulyadi menegaskan, sekitar 150 warga mendatangi KLH. Mereka mengadukan pengerjaan pembangunan empat pabrik yang menghabiskan lahan seluas 5,3 hektare di kampungnya.

Proyek-proyek tersebut menimbulkan suara bising, getaran, polusi, banjir, dan persoalan lingkungan lainnya. Dia berharap ada pengawasan maksimal dari pemerintah terkait, jangan sampai ada kesan pemerintah lalai.

Warga juga mengeluhkan adanya sejumlah pabrik yang teridentifikasi memproduksi zat kimia beracun, berbau, dan berbahaya. Bahan kimianya diduga langsung dibuang ke media lingkungan melalui Sungai Citarik, anak Sungai Citarum. (r22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply