» » Banjir Rendam Puluhan Hektare Sawah

(SJO, BANDUNG) - Banjir merendam puluhan hektare sawah 12 daerah di Jawa Barat. Selain Indramayu, daerah lain yang sawahnya terendam banjir di antaranya Kabupaten Bekasi 9 ribuan hektare serta Karawang 3 ribu hektare. Banjir juga menggenangi sawah di wilayah selatan Jawa Barat, di antaranya di Tasikmalaya.


Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jawa Barat, Diden Trisnadi, jumlah lahan sawah yang terendam akibat banjir di Jawa Barat mencapai 68.322 hektare. "Yang paling luas genangannya di Indramayu, sampai 40 ribuan hektare,"  kata dia di Bandung, Rabu, 22 Januari 2014.

Tanaman padi yang terendam umumnya baru mulai memasuki masa tanam dengan umur tanam berkisar 1 hari hingga 80 hari tanam. Genangan banjir bervariasi, mulai dari 10 sentimeter hingga 1,5 meter.

Diden belum bisa menaksir kerugian akibat gagal tanam akibat banjir. Sebab, kerusakan tanaman padi bergantung pada tinggi rendahnya genangan air. "Jika padi berumur muda itu tergenang seluruhnya lebih dari lima hari, padi bisa gagal tanam," ujarnya.

Diden khawatir banjir berpengaruh terhadap produksi padi keseluruhan di musim tanam pertama tahun ini, periode Januari-April. Padahal, panen di musim panen pertama umumnya membukukan hasil panen tertinggi. Apalagi sentra produksi beras, seperti Indramayu, Karawang, dan Subang mengalami banjir terparah tahun ini.

Indramayu, misalnya. Selama ini daerah itu menyumbang hingga 10 persen produksi padi Jawa Barat. Lahan yang terendam di kawasan itu sekitar sepertiga dari luas lahan yang ada. "Indramayu memiliki luas lahan sawah sebanyak 114 ribu hektare dan yang terendam sekitar 40 ribuan hektare," kata Diden. (r22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply