» » » Partisipasi Perempuan di Jabar Dinilai Maju

Ella Giri Komala
(SJO, BANDUNG) - Indikator kemajuan gender yang diwujudkan dengan partisipasi perempuan di berbagai sekltor pembangunan untuk Jabar dinilai sudah maju. Hal demikian, diungkapkan Anggota DPD Jabar, Ella Giri Komala dalam keterangannya kepada wartawan di Bandung (4/11).

Menurut Ella, gender di Jabar sudah menunjukkan kemajuan. Hal tersebut, nampak dalam keikutsertaan di berbagai organisasi, partisipasi perempuan sudah cukup besar . Kemajuan berikutnya, dalam hal partisipasi sebagai calon DPD, dalam kurun waktu 5 tahun partisipasi tersebut meningkat, di tahun 2009, jumlah yang mendaftar hanya 1 orang, dan menjelang Pemilu 2014, jumlah calon DPD dari kalangan perempuan dari 36 calon jumlahnya mencapai 5 orang.

Kuota anggota DPD, baik di Pemilu 2009 maupun 2014, berjumlah 4 orang. Untuk komposisi pada hasil Pemilu 2009, jumlah anggota DPD perempuan hanya 1 orang.  Harapannya pada Pemilu 2014,  komposisi anggota DPD antara laki-laki dan perempuan bisa berimbang yang terpilih bisa berimbang.

Kemajuan lain kalangan perempuan di Jabar, juga Nampak di komposisi lembaga legislative. Di tahun 204, anggota legislative mencapai 14 persen dan di tahun 2009 meningkat mencapai 25%.

Kemajuan kalangan perempuan, juga Nampak dari partisipasi di bidang ekonomi dan pendidikan. Di sector ekonomi, beberapa  koperasi yang berprestasi dikelola oleh  perempuan. Sementara itu, di bidang Pendidikan, pencapaian pendidikan antara perempuan dan lak-laki  sudah seimbang di tingkat  SLTA.

Perempuan di Jabar, ujar Ella harus menjadi pionir pembangunan terutama dalam upaya peningkatan IPM. Terkait hal tersebut, optimis ke depan akan lebih baik.(r22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply