» » » Unpad Gelar Anugerah Motekar 2013

(SJO, JATINANGOR) - Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali akan menyelenggarakan "Anugerah Motekar Universitas Padjadjaran" yaitu sebuah penghargaan dari Unpad kepada para inovator dan pengabdi di Indonesia yang berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa.

Anugerah Motekar Unpad diselenggarakan setiap tahun dalam rangka Dies Natalis Unpad, dan untuk tahun ini mengambil tema "Melepas Belenggu, Mengembangkan Kreativitas".

Kepala UPT Humas Unpad, Bambang Hermanto mengatakan, Anugerah Motekar terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai produk atau upaya kreatif, inovatif, fungsional dan di luar kebiasaan (thinking out of the box).

“Pendaftaran mulai 25 September - 12 November 2013 dengan syarat WNI dan memiliki inovasi berupa karya berwujud yang telah atau berpotensi dimanfaatkan di Indonesia, atau telah melakukan rekayasa sosial dalam jangka waktu relatif panjang dan berkelanjutan di wilayah Indonesia,” ujarnya.

Menurut Bambang, ada tiga kategori dalam Anugerah Motekar Unpad 2013, yaitu Inovasi Teknologi, Inovasi Ekonomi Kreatif, dan Rekayasa Sosial.

Kategori Inovasi Teknologi yang dimaksud adalah inovasi di seluruh bidang kehidupan yang dapat mengatasi sebagian masalah nasional serta memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan "Rucita Teknologi".

Kategori Inovasi Ekonomi Kreatif adalah inovasi di Bidang periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukan, penerbitan, perangkat  lunak, mainan dan permainan, televisi dan radio, serta permainan video. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan "Rucita Ekonomi Kreatif".

Sementara kategori Rekayasa Sosial yang dimaksud adalah upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok masyarakat untuk menyelesaikan masalah penting dan mendesak dengan penuh tanggung jawab dan acapkali disertai pengorbanan moril dan materil untuk perbaikan kualitas kehidupan. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan "Rucita Rekayasa Sosial".

Bambang mengatakan, penilaian kategori inovasi pada anugerah ini didasarkan pada kriteria orisinalitas, inovasi, inspirasi, manfaat dan dampak bagi masyarakat, serta kategori rekayasa sosial didasarkan pada aspek dedikasi, kreativitas, inspirasi, manfaat, dampak dan pengakuan dari masyarakat.

“Penilaian dilakukan oleh tim penilai yang terdiri atas pakar dari Unpad, ITB, IPB, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial, serta pemerhati inovasi dan rekayasa sosial bertaraf nasional,” tuturnya.

Setiap pemenang akan mendapatkan sertifikat, trofi, dana pembinaan, serta kesempatan untuk menyampaikan kuliah umum di Unpad. Dan untuk informasi lengkap, termasuk formulir pendaftaran dapat diunduh di www.unpad.ac.id/motekar.

Setelah diisi, formulir dan softcopy dokumen kelengkapannya diserahkan kepada panitia sebelum 12 November 2013 pukul 24.00 WIB melalui e-mail: sekretariat_motekar@unpad.ac.id atau melalui pos ke LPPM Unpad Jln. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor 43565. (r22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply