» » Perlu Kerjasama Media untuk Sukseskan Pemilu

(SJO, BANDUNG) - Masyarakat Indonesia tentunya sangat mengharapkan Pemilu Legislatif 2014 yang tinggal enam (6) bulan lagi (9 April 2014) dapat berjalan jujur, Adil, berkualitas dan bermartabat. Untuk itu, demi suksesnya Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat menjalin kerjasama dengan media massa dalam rangka meningkatkan pengawasan,  pelaksanaan tugas dan fungsi  serta mensosialisasikan tahapan Pemilu Legislatif.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu, Jabar Elizae Barus mendampingi Pimpinan Komisioner Bawaslu Jabar Jabar Yusuf Kurnia selaku Koordinator Devisi Hukum, Humas dan Kerjasama Antar Lembaga, ketika menerima perwakilan pengurus Forum Wartawan Peduli Pemilu (FWP2) Jabar yang sekaligus melaporkan telah terbentuknya FWP2 Jabar, di Bandung, Sabtu (19/10/2013).

“Kita semua menginginkan pemilu 2014 lebih berkualitas dan bermartabat, untuk itu Bawaslu Jabar mengajak dan menggandeng media massa yang ada di Jabar untuk bersama-sama mengawal, mengawasi dan menjalankan tahapan-tahapan pemilu,” ujarnya.

Adapun pengurus FWP2 Jabar yang hadir terdiri dari Ketua Encep Suryana (TVRI Jabar), Atep A Kurniawan (Wakil Ketua/Koran Sindo Jabar), A Husein Widjaya ( Seketaris/Lensaindonesia.Com), Dadi Mulyadi (Wakil Seketaris/RRI Bandung), Isyati Putri Nastiti (Bendahara/ Kantor Berita Antara Jabar).

Lebih lanjut diungkapkan, bahwa untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi antara Bawaslu dengan media massa, maka Bawaslu Jabar sangat menyambut baik telah terbentuknya Forum Wartawan Peduli Pemilu ( FWP2) Jabar. Sehinga diharapkan bisa bersama-sama untuk melakukan pengawasan dan deteksi gejala-gejala bila ada pelanggaran yang terjadi.

Bawaslu selaku bagian dari penyelenggara pemilu tentunya mendapat tugas cukup berat, karena Bawaslu sebagai ujung tombak dalam pencegahan bila terjadi pelanggaran dalam tahapan pemilu. Disisi lain, komisioner sangat terbatas yaitu hanya 3 orang ditingkat Provinsi dan tiga orang ditingkat Kabupaten/kota. Untuk itu, dengan kehadarin FWP2 Jabar tentunya sangat membantu Bawaslu khususnya mensosialisasikan program terkait pencegahan hal-hal yang akan mengganggu kelancaran pesta demokrasi.

Ia juga menyebutkan, para pewarta dan media massa sangat efektif sebagai kepanjangan tangan dari Bawaslu dalam mensosialisasikan program-program terkait pengawasan pemilu. Sehingga, diharapkan antara program Bawaslu dengan Forum Wartawan dapat bersinergi untuk memperkuat edukasi politik bagi masyarakat.

Elizae menamnahkan, Forum Wartawan Peduli Pemilu sudah lama terbentuk di tingkat pusat. Dengan terbentuknya FWP2 Jabar, diharapkan segera untuk dikukuhkan. Sehingga, lanjutnya, juga segera diikuti dengan terbentuk FWP2 di setiap kabupaten/kota se Jabar.

Sementara, Komisioner Bawaslu Jabar, Yusuf Kurnia mengatakan, pihaknya telah menyusun tujuh agenda kegiatan sampai akhir Desember 2013. Ketujuh agenda itu diantaranya, menyiapkan MoU dengan berbagai pihak untuk kesusksesan pemilu, melakukan sosialisasi dan pelatihan pendidikan politik bagi berbagai eleman masyarakat, menggalang dan menghimpun relawan peduli pemilu dari unsur masyarakat ( program 1 juta relawan).

“Adapun terkait terbentuk FWP2 Jabar, tentunya Bawaslu Jabar akan mengupayakan memfasilitasi kesekretariatan dan sarana pendukung demi kelancaran program bersama untuk menuju suksesnya pemilu,” tandasnya. (lic)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply