» » » » Kematian Bayi di Kabupaten Bogor Tertinggi di Jabar

(SJO, BOGOR) – Angka kematian bayi di Kabupaten Bogor peringkat lima tertinggi dari 27 kabupaten/kota di Provinsi Jabar. Sebab itu, Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah yang memperoleh program dari  Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika  (USAID).

“Program ini ditujukan menurunkan angka kematian bayi,”  ujar Asisten Kesejahteraan Rakya Pemkab Bogor Dadang Irfan, Minggu.

Penyebab tingginya angka kematian bayi,  di antaranya karena  telatnya penanganan saat proses bersalin dan tingkat kesadaran masyarakat yang  rendah tentang ibu hamil hingga melahirkan dan merawat bayi. “Salah satu penanggulangannya, kita akan pantau lewat Puskesmas dan Posyandu dengan memberikan tindakan medis  ke rumah sakit terdekat,” katanya.

Selain itu, sejak September lalu pihaknya gencar memberika vaksin  pentavalen yang  merupakan program imunisasi dasar 2013. Vaksin pentavalen  ini mampu mencegah  penyakit, seperti difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, serta Hib (haemophylus influenza type B).

”Pemberian vaksin  ini sudah ada di 101 puskesmas atau di posyandu  di seluruh Kabupaten Bogor,” katanya.

Sementara Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr Eulis Wulantari menhelaskan, vaksin ini  berupa cairan dan diberikan dalam bentuk suntikan. Vaksin ini  diperuntukkan  bayi berusia dua bulan dan diberikan tiga dosis, sehingga bayi hanya disuntik tiga kali dengan interval waktu minimal satu bulan

“Pengenalan vaksin baru ini dalam upaya  mempercepat penurunan angka kematian bayi dan ibu untuk pencapaian  Millennium Development Goals (MDG) atau tujuan pembangunan millenium,” ujaranya seraya menyebutkan vaksin  ini  harganya Rp350.000 di rumah sakit swasta  dan baru disebarkan di empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Bali, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat. (bgr)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply