» » Kawah Putih, Ikon Wisata Bandung Selatan

BANDUNG – Objek wisata alam Kawah Putih di Ciwidey Kabupaten Bandung, kini sudah menjadi icon wisata Bandung Selatan. Dari beberapa objek wisata yang dimiliki Perhutani Jabar Banten di Ciwidey, Kawah Putih adalah tempat yang paling difavoritkan. Hal itu diungkapkan General  Manager Kesatuan Bisnis Mandiri Jasa Lingkungan dan Produk Lainnya (KBM-JLPL) Perhutani Unit 3 Jawa Barat dan Banten Slamet Winarto, Kamis (24/10).

“Sekarang Kawah Putih sudah menjadi icon Bandung Selatan  untuk wisata alam. Hal itu karena penataan yang kita lakukan selama 4 tahun terakhir. Penataan infrastruktur dan juga penambahan fasilitas” katanya.

Dari 8 objek wisata yang dimiliki Perhutani, menurut Slamet, kawasan Ciwidey penyumbang pendapatan terbesar, termasuk Kawah Putih. Slamet juga menambahkan, Perhutani sudah menambah satu fasilitas lagi di  Kawah Putih.

“Kita sudah bangun satu tempat untuk melihat kawah dari arah atas. Jadi kalau selama ini pengunjung hanya bisa melihat danau kawah langsung di tepinya, sekarang pengunjung sudah bisa melihat dari arah atas dengan pembangunan 2 tempat di atas kawah” ujarnya.

Slamet menjelaskan, PT Perhutani Unit 3 Jawa Barat dan Banten akan terus mengembangkan wisata alam yang dimilikinya, sebagai salah satu unit bisnis selain kayu. Perhutani memiliki 6 objek wisata dan 2 penangkaran hewan.

“Kita ada 6 objek wisata yaitu Kawah Putih, Cimanggu, Cilember, Kampung Cai Rancaupas, Cibolang, Patuha Resort. Sedangkan 2 penangkaran hewan yaitu penangkaran rusa di Cariu Bogor, dan penangkaran buaya di Blanakan Purwakarta” ujar Slamet.

Menurut Slamet, ke-6 objek wisata itu sudah menghasilkan pendapatan lebih dari 23 Miliyar mulai Januari hingga Oktober 2013 ini.

“Pendapatannya sekitar 23 milyar rupiah dari awal tahun 2013 hingga bulan Oktober ini, dan kita akan terus berupaya meningkatkan pendapatan di tahun depan, dengan menambah fasilitas di tiap-tiap objek wisata” katanya.

Salah satu penambahan fasilitas di objek wisata yang sedang dibangun antara lain pembangunan rumah danau di Rancaupas yang ditaregetkan bisa digunakan tahun depan.(r22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply