» » » Jabar Miliki 2 Spesies Penyu Langka

(SJO, SUKABUMI) – Jawa Barat terutama di pantai Selatannya, memiliki 2 spesies penyu langka di Dunia. Menurut Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Kementrian Kelautan dan Prikanan RI, Agus Darmawan, spesies penyu langka yang ada di Jawa Barat itu adalah penyu Hijau dan penyu Lekang, yang berkembang biak secara baik di pantai Ujung Genteng Sukabumi. Hal itu diungkapkan Agus saat melakukan kunjungan bersama Wagub Jabar Deddy Mizwar di kawasan penangkaran penyu di Ujung Genteng Sukabumi, Senin (16/9).

“Indonesia sendiri memiliki empat spesies dari belasan spesies yang ada di Dunia, dan 2 spesies langka diantaranya berkembang biak dengan baik di Ujung Genteng ini, yaitu penyu Hijau dan penyu Lekang” ujar Agus.

Keunikan dari penyu hijau dan lekang itu menurut Agus adalah memiliki daya jelajah yang lebih luas dan jauh dibanding penyu lainnya.

“Penyu ini kalau sudah menetas, nantinya dia kana pergi ke perairan utara Australia  untuk mencari makan, dan jika saatnya bertelur, dia akan kembali lagi ke sini” katanya.

Oleh karena itu menurut Agus, pelestarian penyu bukan hanya konsern dari Indonesia, tetapi sudah mejadi konsern dunia. Pelestairan dan program adopsi penyu yang dilakuan CSR-nya Bio Farma adalah upaya yang sangat bagus untuk pelestarian penyu langka itu.(Beben/skb)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply