» » » » » Jabar Darurat Bencana Hingga Medio April

(SJO, GARUT) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menetapkan siaga darurat bencana hingga 16 April 2013. Kebijakan itu dilakukan menyusul tingginya curah hujan di wilayah Jawa Barat.

"Potensi bencana yang mengepung daerahnya, yakni banjir, longsor, dan banjir bandang," kata  Kepala BPBD Jawa Barat, Udjwalaprana Sigit, di Pos Pengamatan Gunung Guntur, Garut, Selasa, 9 April 2013.

Menurut dia, daerah yang memiliki risiko bencana paling tinggi berada di wilayah Priangan Timur, yakni Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis. Potensi bencana yang ditimbulkan di antaranya, banjir bandang, longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami.

Jika bencana terjadi, pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya, di antaranya menyiapkan sarana dan prasarana tanggap darurat serta sumber daya manusia yang siap diterjunkan ke lapangan untuk membantu korban bencana.

Selain itu, BPBD terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana. "Upaya itu kami lakukan untuk mencegah terjadinya korban jiwa," ujar Sigit.

Adapun logistik yang disiapkan adalah  beras sebanyak 500 ton dan dana on call sebesar Rp 100 miliar. "Kami harap jangan ada pengungsi yang sakit, apalagi sampai kelaparan di pengungsian," ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Zatzat Munazat, mengatakan  telah melakukan berbagai sosialisasi tanggap darurat kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana. "Kami harap masyarakat tidak panik, apalagi dengan kondisi seperti Gunung Guntur saat ini. Kami harap warga mengikuti arahan kami," ujarnya. (tpo)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply