» » Menumbuhkan Industri Kreatif Perlu Perhatian Khusus

BANDUNG--Jabar mesti menjadi pusat industri kreatif yang berbasis kepada sumber daya mahasiswa. Oleh karena itu, kementerian dengan beberapa universitas mesti bekerja sama dalam mengembangkan berbagai program kewirausahaan yang berkaitan dengan industri kreatif.

Demikian disampaikan Menteri Perekonomian, Hatta Rajasa pada acara Pasundan Ekonomi Kreatif Ekspose di Unpas, Bandung pada Selasa (23/ 10).

“Bila perlu bangun saja beberapa kawasan atau klaster dari berbagai industri berbasis kreativitas di beberapa tempat di Jabar. Baik itu yang berjenis kerajinan, perfilman, animasi, lukisan, dan apapun namanya. Yang penting sumbernya berasal dari kreativitas para mahasiswa,” katanya.

Hatta mengatakan, para mahasiswa pada umumnya bersemangat tinggi dan mengorientasikan kegiatan dalam bentuk kreativitas.

Oleh karena itu, menurut Hatta, kegiatan tersebut mesti diarahkan dan dikelola menjadi produktif. “Bila seseorang menanamkan jiwa industri kreatif pada dirinya, maka hal tersebut tidak akan ada batasnya.

Batasnya itu adalah kreativitas itu sendiri. Maka dari itu, potensi tersebut mesti dikembangkan semaksimal mungkin, selama tidak melupakan tugas utama yaitu kuliah,” katanya.

Untuk mendukung hal tersebut, Hatta menjanjikan pemberian akses seluas – luasnya dan sebesar – besarnya terhadap permodalan dan melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai perusahaan.

“Beberapa perusahaan akan kami dorong untuk menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap berbagai usaha industri kreatif,” katanya.

Hatta berharap, dukungan besar terhadap berbagai usaha industri kreatif di Jabar akan membangun pasar yang semakin banyak mendatangkan wisatawan asing.

“Jabar sudah dikenal oleh ASEAN sebagai pusatnya wisata kuliner dan belanja di Indonesia. Selain itu, Bandung juga dikenal sebagai pusatnya kreativitas oleh para wisatawan asing,” katanya.

Oleh karena itu, Hatta memandang perlunya perhatian khusus terhadap pertumbuhan industri kreatif. “Saya akan mengajak beberapa perwakilan dari perguruan tinggi untuk bekerja sama dan didukung penuh oleh 17 kementerian agar program tersebut bisa terwujud,” katanya.

Menurut Hatta, bila hal ini berhasil, maka program tersebut akan dijadikan ajang tahunan yang besar dan menjadi role model bagi Indonesia untuk semakin mengembangkan kreativitas dan sumber daya mahasiswanya.

“Tentu hal ini awalnya mesti dimulai dari Bandung dulu, karena kota ini merupakan gudangnya orang kreatif di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga mengatakan bahwa pertumbuhan Indonesia merupakan yang tercepat kedua di dunia setelah Cina. Berdasarkan hal tersebut, Hatta mengatakan, perlunya percepatan inovasi di bidang ekonomi melalui pengembangan semangat kewirausahaan.

“Sebanyak 2,5 persen dari seluruh penduduk Indonesia mesti menjadi pengusaha. Bila tidak, manusianya akan menjadi pekerja perusahaan – perusahaan asing,” katanya. (pro)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply