» » » Belasan Imigran Gelap Asal Timur Tengah DItangkap di Ciamis

CIAMIS--Dua belas imigran asal timur tengah, yaitu Irak dan Iran, terdiri dari tiga perempuan, satu anak dan delapan pria dewasa diamankan di dekat Pelabuhan Majingklak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis Sabtu (27/10/12) pukul 7.30 WIB. Seperti halnya dengan imigran gelap yang ditangkap sebelumnya, mereka juga bermaksud menyeberang ke Australia melalui kepulauan Christmast.

Penangkapan itu bermula dari kecurigaan sejumlah nelayan setempat yang curiga ketika melihat sebuah mobil yang sarat penumpang dengan wajah timur tengah yang menurunkan penumpang, tepatnya di Blok Kedung Alang. Mobil Toyota Avanza warna putih Nopol AB 1484 N diketahui datang ke Majingklak pukul 4.00 WIB.

Mengetahui adanya keganjilan tersebut, warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Kalipucang. Mendapati laporan tersebut petugas Polsek kalipucang langsung menuju lokasi. Petugas langsung mengamankan imigran, serta menggiringnya ke Mapolsek Kalipucang. Setelah dilakukan pendataan, imigran yang berasal dari Iran dan Irak tersebut langsung di bawa ke Mapolres Ciamis. Hanya saja pengemudi kendaraan kabur.

"Setelah didata identitasnya, mereka langsung kami kirim ke Polres Ciamis. Kami salut dengan tindakan masyarakat yang langsung melaporkan hal itu ke petugas," ungkap Kapolsek Kalipucang Ajun Komisaris Badri, Sabtu (27/10).

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Air (Polair) Pangandaran, Ajun Komisaris Firman Alamsyah menambahkan bahwa kedua belas imigran tersebut belum sempat naik perahu. Pihaknya juga langsung melakukan penyisiran di sekitar lokasi yang bakal dijadikan sebagai titik tolak keberangkatan. "Kami juga melakukan penyisiran di pantai, siapa tahu ada kapal atau perahu yang bakal digunakan untuk mengangkut. Mereka ditangkap sebelum naik perahu," tuturnya.

Dua belas imigran yang berhasil ditangkap yaitu Safida Fanda (perempuan) asal Iran, Zaenab Sholima (perempuan, Iran), Farsaman (laki-laki, Iran), Abdul Fasi (anak laki-laki, Irak), Hasan Ikhsan Abdul Khasan (laki-laki, Irak), Husain Abed Munsid (laki-laki,Irak). Kemudian Shola Abbas Sebalah (laki-laki, Irak), Amir Shaleh Tarziah Abdar (laki-laki, Irak), Karimah Khadum (perempuan, Irak), Ridho Rozak (laki-laki, Irak), Muhammad Husaen Shobar (laki-laki, Irak), serta seorang laki-lai dewasa yang menolak didata. (pro)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply