» » » Pemprov akan Bangun Interchange dari Padaleunyi ke SOR Bandung Lautan Api

(SJO, BANDUNG) -- Pemprov Jabar berencana membuat akses jalan interchange dari Jalan tol Purbaleunyi menuju gedung SOR Bandung Lautan Api di Gedebage, Kota Bandung. Kini tahapnya sedang membebaskan lahan di sekitar akses tersebut.

"Mempersiapkan pembukaan PON Oktober 2016 nanti, kami akan buka interchange di Km 149/100 untuk mempermudah akses,'' ujar Kepala Biro Asset Pemprov Jabar Dadang Suharto, kepada wartawan, Senin (24/2).

Menurut Dadang, akses ke SOR Bandung Lautan Api itu permanen. Nantinya, akan dibuka untuk masyarakat umum. Pihaknya, mendapat tugas untuk membebaskan lahan disana. Rencana pembangunan fisiknya, akan dibangun oleh Kementerian PU (Pekerjaan Umum). "Pembebasan lahan kurang lebih sekitar 2 sampai 3 Km," katanya.

Pemprov Jabar, kata dia, terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung. Karena, Pemkot Bandung akan melakukan pembebasan di lahan tersebut. Luas lahan yang akan dibebaskan Pemprov Jabar, sekitar 6 sampai 7 hektare dengan anggaran biaya pembebasan lahan sekitar Rp 26 miliar.

"Kalau Pemkot Bandung beda lagi, itu lahan pembebasannya lebih luas dan diatas 7 hektare. Bahkan anggarannya pun bisa diatas Rp 50 miliar," katanya.

Dikatakan Dadang, dengan adanya interchange tersebut, nantinya kendaraan akan masuk dari jalan tol Purbaleunyi, masuk pada jalur tersebut dan mengarah ke SOR BLA. "Paling minimalis sampai Sumarekon. Nanti masuk dari tol, muter dan masuk ke SOR BLA. Kebayang, kalau akses jalan itu tidak dibuka saat pembukaan pon, apalagi kepala negara yang datang,'' katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemprov Jabar dan Kota Bandung memperoleh tugas untuk melakukan pembebasan lahan. Untuk menjalankan proyek tersebut, pihaknya telah melakukan  rapat dengan departemen PU di Jakarta, 2 kali. Bahkan Direktur Departemen PU pun sudah berkunjung kesini dan melakukan peninjauan. Jadi, sekarang tinggal menunggu pelaksanaannya.

"Sebetulnya pembebasan lahan sudah mulai, pendahuluan sudah kami lakukan, peninjauan lapangan di daerah Cimencrang, dekat BLA. Saat ini disitu masih lahan persawahan,'' katanya. Targetnya, kata dia, pembebasan lahan bisa selesai  secepatnya. Apalagi, pembangunan fisik ditargetkan bisa dilakukan di awal  2015.  Khusus untuk akses jalan, targetnya bisa selesai sebelum PON. (r22)

About Kabar Seputar Jabar

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply